motivasi
prinsip motivasi
ada 17 prinsip motivasi yang dapat dilaksanakan bagi seorang pengajar
1. pujian lebih efektif daripada hukuman. hukuman bersifat menghentikan suatu perbuatan,sedangkan pijian bersifat menghargai apa yang telah dilakukan. oleh karena itu, pujian lebih besar nilainya bagi motivasi belajar.
2. semua siswa mempunyai kebutuhan psikologis yang harus mendapat pemuasan. kebutuhan-kebutuhan itu menyatakan diri dalam berbagai bentuk yang berbeda. para siswa yang dapat memenuhi kebutuhannya secara efektif melalui kegiatan-kegiatan belajar hanya memerlukan sedikit bantuan dalam motivasi dan disiplin.
3. motifasi yang berasal dari dalam individu lebih efektif daripada motivasi yang dipaksakan dari luar. kepuasan yang dadapat oleh individu itu sesuai dengan ukuran yang ada di dalam dirinya sendiri.
4. jawaban yang serasi dengan keinginan memerlukan usaha penguatan. apabila suatu perbuatan belajar mencapai tujuan, maka perbuatan itu perlu segera diulang kembali beberapa menit kemudian sehingga hasilnya lebih mantap. penguatan ini perlu dilakukan dalam setiap tingkatan pengalaman belajar.
5. motivasi mudah menjalar dan menyebar luas terhadap orang lain. guru yang berminat tinggi dan antusias akan mempengaruhi para siswa sehingga mereka juga berminat tinggi dan antusias. siswa yang antusias akan mendorong motivasi para siswa lainnya.
6. pemahaman yang jelas tentang tujuan belajar akan merangsang motivasi. apabila seseorang telah menyadari tujuan yang hendak dicapainya, perbuatannya ke arah itu akan lebih besar daya dorongnya.
7. tugas-tugas yang bersumber dari diri sendiri akan menimbulkan minat yang lebih besar untuk mengerjakannya ketimbang bila tugas-tugas itu dipaksakan oleh guru. apabila siswa diberi kesempatan untuk menemukan masalah sendiri dan memecahkannya sendirri, ia akan mengembangkan motivasi dan disiplin yang lebih baik.
8. pujian-pujian yang datangnya dari luar kadang-kadang diperlukan dan cukup efektif untuk merangsang minat yang sebenarnya. berkat dorongan orang lain, misalnya untuk memperoleh angka tinggi, siswa akan berusaha lebih giat karenan minatnya menjadi lebih besar.
disambung besok ya....
ada 17 prinsip motivasi yang dapat dilaksanakan bagi seorang pengajar
1. pujian lebih efektif daripada hukuman. hukuman bersifat menghentikan suatu perbuatan,sedangkan pijian bersifat menghargai apa yang telah dilakukan. oleh karena itu, pujian lebih besar nilainya bagi motivasi belajar.
2. semua siswa mempunyai kebutuhan psikologis yang harus mendapat pemuasan. kebutuhan-kebutuhan itu menyatakan diri dalam berbagai bentuk yang berbeda. para siswa yang dapat memenuhi kebutuhannya secara efektif melalui kegiatan-kegiatan belajar hanya memerlukan sedikit bantuan dalam motivasi dan disiplin.
3. motifasi yang berasal dari dalam individu lebih efektif daripada motivasi yang dipaksakan dari luar. kepuasan yang dadapat oleh individu itu sesuai dengan ukuran yang ada di dalam dirinya sendiri.
4. jawaban yang serasi dengan keinginan memerlukan usaha penguatan. apabila suatu perbuatan belajar mencapai tujuan, maka perbuatan itu perlu segera diulang kembali beberapa menit kemudian sehingga hasilnya lebih mantap. penguatan ini perlu dilakukan dalam setiap tingkatan pengalaman belajar.
5. motivasi mudah menjalar dan menyebar luas terhadap orang lain. guru yang berminat tinggi dan antusias akan mempengaruhi para siswa sehingga mereka juga berminat tinggi dan antusias. siswa yang antusias akan mendorong motivasi para siswa lainnya.
6. pemahaman yang jelas tentang tujuan belajar akan merangsang motivasi. apabila seseorang telah menyadari tujuan yang hendak dicapainya, perbuatannya ke arah itu akan lebih besar daya dorongnya.
7. tugas-tugas yang bersumber dari diri sendiri akan menimbulkan minat yang lebih besar untuk mengerjakannya ketimbang bila tugas-tugas itu dipaksakan oleh guru. apabila siswa diberi kesempatan untuk menemukan masalah sendiri dan memecahkannya sendirri, ia akan mengembangkan motivasi dan disiplin yang lebih baik.
8. pujian-pujian yang datangnya dari luar kadang-kadang diperlukan dan cukup efektif untuk merangsang minat yang sebenarnya. berkat dorongan orang lain, misalnya untuk memperoleh angka tinggi, siswa akan berusaha lebih giat karenan minatnya menjadi lebih besar.
disambung besok ya....