Ingin Tahu Apa Itu SOP?
Standar Operasi Baku atau sering disebut dengan SOP
(Standard Operating Procedure) dibuat agar produk dan pelayanan disetiap oulet
bisnis yang dijalani selalu sama. Biasanya ini untuk bisnis berjenis frenchise.
Beberapa SOP yang perlu dibuat antara lain:
A. SOP Produksi
SOP produksi berisi gambaran yang jelas tentang proses
produksi, mulai dari bagaimana bahan baku yang dibutuhkan sampai proses memasak
dan menyimpannya. Agar SOP produksi bisa diterapkan oleh karyawan, hendaknya
SOP produksi dibuat secara detail.
B. SOP Distribusi
Distrbusi dibagi menjadi dua bagian
-distribusi bahan mentah
-distribusi bahan jadi yang siap dijual kepada para
konsumen.
C. SOP Pemasaran
SOP pemasaran hendaknya sobat buat dengan menarik, mulai
dari tampilannya hingga isi iklannya agar para konsumen tertarik untuk dating dan
mencoba membeli produk yang sobat tawarkan seperti lewat berbagai media yang
ada pada saat ini.
Hendaknya dibuat secara transparan agar laporan keuangan ini
dianggap jujur dan tidak menimbulkan kesalahfahaman.
E. SOP Sumber Daya Manusia
Cantoh dari sop sumber daya manusia yang sobat lihat seperti
beberapa perusahaan yang mengharuskan para karyawannya agar berpakaian yang
seragam, rapi, dan teratur. Hal itu karena ada standar khusus yang telah dibuat
oleh perusahaan atau pemilik bisnis. Dalam SOP ini ada beberapa standar umum
seperti:
-Cara merekrut karyawan
Hal itu mengenai kriteria karyawan apa yang dibutuhkan,
bagaimana tahapan-tahapan dalam menyeleksi hingga proses penerimaan.
-Pelatihan karyawan
Biasanya setelah karyawan yang diseleksi diterima, terdapat
pelatihan yang perlu dilakukan sesuai dengan prosedur yang terdapat pada SOP
ini.
-Pengawasan kinerja karyawan
Dalam SOP ini diuraikan bagaimana dan siapa yang berhak
mengawasi karyawan baru tersebut sampai cara yang baik melakukan evaluasi
kinerja karyawan.
-Tata cara pemberian reward
Dalam SOP ini diuraikan tentang kriteria karyawan yang
berhak mendapatkan reward dan punishment, siapa yang melakukannya,
jenis-jenisnya dan lain sebagainya.
-Bagaimana mengembangkan keterampilan karyawan
Dalam SOP ini diuraikan tentang keterampilan karyawan yang
perlu dikembangkan, siapa yang akan mengembangkannya dan lain sebagainya.
F. SOP Pelayanan
Pada SOP ini akan dijelaskan secara lengkap tentang
pelayanan terhadap konsumen. Mulai dari konsumen masuk outlet sampai konsumen
meninggalkan outlet. Contohnya seperti:
-Standar keramahan (senyum, mengucapkan salam, menanyakan
apa keperluannya hingga ucapan terimakasih)
-Standar ketepatan dan kecepatan pelayanan yang baik
-Standar penanganan complain konsumen yang baik