Inilah Syarat-syarat Menjual Produk Agar Laris Di Pasaran
Untuk brand skala-kecil menengah, wajib untuk fokus dalam 1 sektor bisnis terlebih dahulu. Gunanya biar brand bisnis Anda di mata pelanggan itu lebih maksimal, lebih dikenal. Selain itu, dari faktor kompetitor juga berpengaruh. Semakin banyak aneka produk yang Anda jual, maka akan menjaring
lebih banyak kompetitor juga,yang artinya akan sulit untuk brand Anda nanti bisa memenangkan persaingan pasar. Terakhir, dari segi sumber daya bisnis Anda sendiri. Kecuali Anda adalah pemain berskala besar seperti Carrefour dan para kompetitornya.
2. Spesifik
Alasannya masih sama seperti poin sebelumnya, agar lebih fokus, baik dalam pemasaran, sumber daya, penjualan, kompetitor, dan faktor lainnya. Jangan menjual ‘kaos’, tapi juallah ‘kaos polos berbagai macam warna dengan bahan katun 40s’.
3. Sustainable
Agar brand Anda nantinya bisa bertahan lama, maka produk yang dijual juga harus ‘tahan banting’. Artinya,hindari menjual produk yang sifatnya sementara, sesuai trend, dan seasonal. Contohnya batu akik dan sebagainya.
4. Tingkat permintaannya tinggi
Carilah produk yang benar-benar akan digunakan oleh pelanggan. Pertimbangkanlah faktor tingkat permintaan dan customers.
5. Gak mudah rusak
Hindari produk yang rentan rusak selama pengiriman. Kecuali bisa dikemas sedemikian mungkin, sehingga aman dari kerusakan.
6. Legal
Pastikan produk tersebut sudah terdaftar secara resmi, sehingga tidak terjadi masalah perizinan di saat brand Anda udah berskala besar. Setidaknya produk yang Anda jual tidak memicu konflik atau menentang aturan.
7. Hindari produk yang punya banyak kompetitor ‘raksaksa’
Hindari bersaing dengan banyak kompetitor yang menjual produk dalam volume tinggi.
Kita tidak ingin menjual perlengkapan Mac yang sudah ada lebih dari 10 kompetitor raksaksa, dimana setiap bulannya masing-masing mereka bisa jual ratusan bahkan ribuan unit.