Tiga Strategi Marketing Kekinian
#strategimarjeting #nengsafaukm #bisnisukm #usaha
Marketing jangan hanya pada satu jalur. Maksudnya, Anda harus mempunyai banyak ide dalam mempromosikan produk seperti membuat browsur juga iklan di sosial media, juga di televisi kalau bisa dan dengan media radio maupun majalah dan surat kabar. Kalau hanya mengandalkan satu saja , misalnya mengandalkan iklan melalui browsur, orang akan dengan mudah untuk mengabaikannya. Hal itu dilakukan agar mempermudah para calon pelanggan untuk berinteraksi dengan Anda.
2. Aktif Bersosialisasi
Jadi, jangan hanya menunggu pelanggan baru atau pasif. Anda harus berani berinteraksi langsung dan mengajak orang lain berbincang-bincang seperti ketika Anda dalam bus, mobil, kereta api maupun dalam pesawat. Apalagi orang yang Anda ajak bicara adalah calon konsumen Anda yang sangat membutuhkan produk yang Anda miliki atau bahkan calon konsumen yang pada awalnya tidak berniat sama sekali membeli produk Anda. Oleh karenanya PROAKTIF dalam mengobrol dan mengajak berbicara dengan orang lain sangat di perlukan. Bahasa yang sopan adalah salah satu kunci membuka gerbang konsumen baru selain kepiawian dalam berbicara.
Akan tetapi harus diingat, bahwa dalam hal kondisi ini soft selling adalah metode yang paling di unggulkan. Jangan menggunakan hard selling, karena konsumen akan berpindah menjauhi Anda, dia merasa terusik. Anda harus bisa membuatnya nyaman terlebih dahulu.Ajak dia berbasa-basi terlebih dahulu, jangan langsung memvonis bahwa dia membutuhkan produk Anda dengan berkata "Anda butuh kamera, ya?
Kita sering melihat pada acara-acara di stadion, banyak para penjual tahu maupun minuman menjajakan produk mereka dengan berkata " tahu... tahu... tahu... 5000 an" itu adalah contoh sederhana bahwa mereka berinteraksi dengan sangat halus/ soft yang pada akhirnya Kita membeli produknya. Kalau mereka langsung berkata "kamu butuh tahu, ya?" atau " kamu lapar, ya?" kalimat seperti ini adalah kalimat yang membosankan dan terkesan menekan. Jadi, jangan lakukan.
3. Berbeda karena unik
Tunjukkan produk Anda yang berbeda dengan produk lain. Mungkin karena rasanya, service-nya dan lain-lain yang penting membuat para konsumen terkesan. Ingat, terkesan...